Selasa, 28 Agustus 2012

Makna Syahadatain ( Dua Kalimat Syahadat )

S : Apa makna syahadat Asyhadu anlaa ilaaha illalloh?
J  : Makna Asyhadu anlaa ilaaha illalloh adalah menyatakan dengan kesungguhan bahwa sesungguhnya Alloh (tuhan) hanya ada satu tiada yang menyamai/ serupa dengan-Nya dalam pengabdian dan dalam kerajaan-Nya.


Dari keterangan mabadi di atas dapat disimpulkan bahwa kalimat syahadat yang pertama adalah kita dengan tulus dan yakin menyatakan tidak ada tuhan melainkan Alloh serta tidak ada satupun yang sama dalam hal apapun baik dalam bentuk pengabdian maupun dalam kerajaan-Nya Alloh (lauhin mahfudz).


S : Apa makna Asyhadu anna mukhammadan rosululloh?
J  : Makna Asyhadu anna mukhammadan rosullolloh adalah menyatakan dengan sesungguhnya bahwa nabi Mukhammad adalah utusan Alloh untuk semua makhluk dan wajib di taati semua perintahnya dan membenarkan apapun yang di kabarkan oleh nabi Mukhammad serta menjauhi hal-hal yang di larang oleh nabi Mukhammad SAW.

Makna syahadat yang kedua adalah menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa Nabi Mukhammad SAW adalah utusan Alloh swt untuk seluruh makhluk di muka bumi ini (bukan hanya manusia) yang dimana semua mahluk di wajibkan taat kepada Nabi muhammad serta membenarkan atau meyakini bahwa apa yang di sampaikan muhammad adalah benar adanya.

Oleh karena itu, mari kita belajar bersama memahami apa sebenarnya yang terkandung dalam pengertian syahadat. ternyata syahadat bukan hanya kalimat yang di ucapkan untuk seseorang untuk masuk islam, melainkan di dalamnya masih banyak kandungan yang belum kita jalani dengan baik dan benar. semoga dengan adanya sedikit kajian ini, kita bisa menambah wawasan dalam hal beragama.amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar