Selasa, 04 September 2012

Hadats Kecil dan Hal Yang Membatalkan Wudhu

S : Apa yang disebut hadats kecil?
J : Yang disebut hadats kecil adalah segala sesuatu yang membatalkan wudhu.

Pembahasan ini masih ada kesinambungan dengan postingan sebelumnya. jika pada postingan sebelumnya di bahas bahwa wudhu di gunakan sebagai
cara menghilangkan hadats kecil, maka pada postingan kali ini membahas apa itu yang di sebut dengan hadats kecil. berdasarkan keterangan mabadi, hadats kecil merupakan segala sesuatu yang membatalkan wudhu.

S : Apa saja hal yang membatalkan wudhu?
J : Sesuatu yang membatalkan wudhu ada 5 yaitu: 1. keluarnya sesuatu dari salah satu dan atau dari kedua lubang (dubur dan kelamin), 2. hilangnya akal, 3. tidur, 4. memegang/ bersentuhan dengan wanita lain (bukan muhrim), 5. memegang/ menyentuh dubur maupun kelamin menggunakan telapak tangan.

Keterangan :

Pada pembahasan soal yang ini sedikit perlu penjelasan yang cukup luas. jika kita pahami dari tanya jawab di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa yang membatalkan wudhu ada 5 perkara diantaranya adalah 1. keluarnya sesuatu dari salah satu atau kedua lubang utama yaitu dubur dan kelamin (pada keterangan ini apapun yang keluar tetap membatalkan wudhu), 2. hilangnya akal. para ulama mengartikan hilangnya akal ini adalah gila, pingsan dll yang bersifat menghilangkan kesadaran termasuk mabuk minuman ataupun narkoba. 3. tidur, 4. memegang/ menyentuh wanita yang bukan muhrim tanpa pembatas atau kulit dengan kulit, 5. memegang/ menyentuh bagian dubur ataupun alat vital dengan menggunakan telapak tangan.

1 komentar: